Resep Awet Muda

Posted: February 24, 2010 in Daily note
Tags: , ,

Terinspirasi dari sebuah drama kisah nyata di stasiun televisi DAAI TV yaitu Hadiah Terindah untuk Bunda. Ada seorang tokoh yang sudah tua umurnya lebih dari 90 tahun. dalam usia setua ini dia masih sangat sehat, bahkan masih menjalankan kegiatan yayasan Tsu chi taiwan. Nama kakek ini Song Mao.

Menarik buat saya ketika keluarganya ditanya, “apa yang membuat kakek ini masih segar bugar di usia 90 an?”. sang menantu menjawab “kakek ini sangat sederhana, sikap hidup dan polapikir sederhana ini membuat dia hanya tahu berbuat baik. dia juga tidak pernah perhitungan saat menolong orang lain dan tidak pernah menganggap hidup sebagai persaingan.”

SEderhana dan tidak perhitungan dengan orang lain. Dalam ajaran islam sederhana = ZUHUD. Sedangkan, tidak perhitungan dengan orang lain = IKHLAS. Dua hal ini memang terbukti ampuh membuat jantung bekerja dengan sangat normal dan otak bekerja dengan tenang. sehingga bsa membuat kerrut – kerut beban kehidupan memudar.

Dalam sebuah nasihat singkat dari seorang saudara. Zuhud adalah kunci penguasaan dunia. Kalimat lengkapnya berbunyi, ” Zuhud ialah penguasaan dunia tanpa mengganggu jiwa.” zuhud membuat manusia tidak risau terhadap dunianya. Ketidakrisauan ini dikarenakan kebutuhan dunianya telah terpenuhi tetapi rasa “kemaruk” melengkapi diri dengan dunia tidak muncul. Zuhud dan ikhlas ialah tingkatan tertinggi dalan ajaran islam.

Di balik ketatnya seleksi diterimanya amal, yaitu ikhlas, dan sikap sederhana melalui zuhud  ternyata ada ada hikmah yang luar biasa. Hikmah ini adalah berkah yang manfaatnya kembali kepada kita. Yaitu ketenangan lahir batin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s