City of Arema dan Sepak Bola, Potensi Bisnis menggiurkan

Posted: January 10, 2010 in aremania

Pagi itu, saya berkunjung ke Distro City of Arema, Kota Malang. Mau mencari syal titipan teman saya di kantor – kang Indrajati. Distro City of Arema terletak di pusat kota Malang, di tempat ini tersedia semua pernak pernik tentang Arema, mulai dari baju, celana olahraga, poster, syal, boneka singa, sepatu, dll. Pernak pernik ini sering kt saksikan di kala kita melihat aremania dan aremanita sedang menonton aksi pahlawan bola nya AREMA di manapun mereka bertanding. Tarian Ribuan Syal AREMA adalah salah satu bentuk aksi yang paling spektakuler, dengan mengibarkan syal mengikuti aksi dari korlap Arema di depannya.

Sejenak saya berbincang-bicang dengan seorang juru parkir City of Arema, sekilas penampakan beliau bukan seperti seorang jukir, terlihat dengan gaya bicaranya yang meyakinkan dengan pin Bansor, pin Arema dan pin-pin ormas lain nya di atas baret kepalanya.

“Mas Wanto (kalau saya ga salah dengar) iku sing nduwe Distro iki, biyen dodolane ngemper ndek sebelah e Malang City Mas, tapi berkat kejujuran dan kerja keras dek e iso nduwe Distro koyok iki ” ujarnya. Distro ini emang cukup lengkap, semua merchandise dan pernak pernik Arema tersedia di sini.

BTW, bisnis dalam sepakbola memang menggiurkan, ada 6 hal yang saya soroti :

1. Sponsor,
Tidak bisa dipungkiri lagi peranan sponsor sangat besar manfaatnya. Di Indonesia, hampir semua perusahaan – perusahaan rokok menjadi sponsor utama klub-klub sepakbola. Di Luar negeri, terlepas dari kaidah baik dan tidak baik, Milliarder2 Timur Tengah, Sheikh Ahmed bin Saqr al-Qasimi, pimpinan dari Ras Al Khaimah Department of Customs and Seaports, telah berhasil menguasai 60 persen saham salah satu klub papan atas Liga Premier Inggris.Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan dari Uni Emirat Arab (UEA) resmi menjadi pemilik Manchester City yang baru

2. Tiket
Kabarnya Liga Indonesia menjadi salah satu liga yang paling banyak penontonnya di Asia. Stadion kandang Arema saja, Kanjuruhan Kepanjen selalu dipenuhi 50-70 ribuan aremania.
Bahkan lebih banyak lagi 100 ribuan penonton, ketika Tim Indonesia sedang bertanding melawan negara lain di Stadion Gelora Bung Karno jakarta. Satu Tiket VIP saja bisa mencapai 100-150 ribu tergantung siapa melawan siapa.

3. Merchandiser atau pernak-pernik

Bayangkan untuk satu baju harganya 80 ribu, baju itu sebenernya hanya kaos biasa harga produksinya nya bisa 20 ribuan, namun dengan penambahan logo Arema depan belakang, nilai jual kaosnya pun bertambah. 400 % kenaikannya.
Selain di distro-distro resm seperti inii, kaos2 bola juga banyak kita jumpai diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional: sepatu bola, jaket, celana bola plastik, logo2 klub bola, berapa besar nilai ekonomi yang bisa di peroleh dari event sepak bola ??
Mulai dari petani kapas, pabrik kain, konveksi rumahan, pabrik kaos oblong, pedagang2 mainan di depan sekolah dan semua lahan industri UKM bisa mendapatkan untung dari event sepak bola.

4. Hak siar TV
Hak Siar Liga Inggris adalah bisnis yang paling menggiurkan, ESPN Star Sport (ESS) bersama All Asia Media Network (AAMN), pemegang hak siar Liga Inggris mematok hak siar eksklusif 25 juta dollar AS per musim. Hingga akhirnya rakyat indonesia tidak dapat menikmati siaran liga Inggris secara gratis, karena sudah di ambil alih oleh TV Berbayar.
Karena Liga Inggris adalah liga sepak bola terpopuler saat ini, di tunjang dengan permainannya yang cepat, menarik dan terjadi hujan gol. Bahkan banyak permirsa Sepakbola Indonesia, begadang malam-malam untuk menonton pertandingan tim kesayangannya MU. Coba kalau Liga Indonesia di tayangkan pukul 1 Malam, misal Persebaya VS Persema, siapa yang mo nonton ???? lalu apa yang salah dengan Liga Indonesia kita ??

5. Kontrak pemain
Liga Inggris dengan 20 tim klub Premier League musim kompetisi 2006-2007, besarnya jumlah pengeluaran klub untuk membayar gaji pemain, untuk kali pertama sepanjang sejarah, jumlah pengeluaran klub-klub untuk menggaji pemain mencapai jumlah satu miliar poundsterling (Rp 18,4 triliun). Bayaran striker nasional, Bambang Pamungkas, adalah contoh yang bisa mendasari, Bambang mematok harga Rp 1 miliar untuk kontrak selama setahun.
sumber : http://www.bambangpamungka s20.com

6. Industri Kecil , meski tidak banyak keuntungannya, para tukang makanan, pedagang kaki lima, tukang rokok, penjual bakso, penjual kacang, penjual rokok juga mengambil bagian dalam bisnis besar ini ketika klub – klub itu bertanding dalam satu event. Ini bisa memutar perekonomian besar negara ini dengan event – event yang selalu ada setiap minggu nya.

Semoga Liga Indonesia menjadi lebih baik lagi. dan menjadi salah satu event yang memajukan perekonomian Indonesia

Setelah berbincang-bincang sejenak dengan Bapak tadi, akhirnya saya pulang, dan mulai mengayuh pedal gas motor … eh tak dinyana beliau pun tak lupa mengucapkan “Salam Satu Jiwa Aremania”….
istri saya pun terkekeh kekeh

buat sesama aremania : Salam Satu Jiwa Aremania

Alhamdulillah saat ini, barusan Arema menang lagi 3-1 melawan Persema Malang .
Arema kembali menduduki puncak klasemen Indonesia Super Liga dan satu satunya tim yang belum terkalahkan di kandang hingga saat ini.

Dan setahu saya hingga saat ini,Arema adalah tim swasta yang di danai oleh warga Malang dari penjualan tiket, merchandise, sponsor Bentoel dan subsidi dari PSSI pusat, dan tidak mendapat jatah APBD Malang, karena sudah ada jatahnya sendiri untuk itu yaitu buat Persema Malang.

About these ads
Comments
  1. Shannan says:

    Hello there, You’ve done an incredible job. I’ll certainly
    digg it and personally suggest to my friends. I am sure they’ll be
    benefited from this website.

  2. Thanks for the auspicious writeup. It actually was once a amusement account it. Look complex to more brought agreeable from you! However, how could we keep up a correspondence?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s